Articles

3 langkah basmi tungau debu

In Tips dan Trik on May 27, 2007 by doremifasol Tagged:

Apakah itu Tungau debu ?
Tungau debu atau dust mite (Dermatophagoides pteronyssinus) merupakan binatang sejenis kutu yang ukurannya sangat kecil, 250 – 300 mikro, sehingga tidak kasat mata. binatang ini baru terlihat di bawah mikroskop dengan pembesaran setidaknya 20 kali. bentuk badannya lonjong dengan kaki berjumlah 8 buah.
Hewan mikroskopis ini diembel-embeli kata DEBU dibelakang namanya, karena ia memang hidup di dan dari debu. debu sendiri sebenarnya adalah tumpukan dari bermacam-macam partikel yang berasal dari sel kulit mati, rontokan bulu hewan peliharaan, renah=renah roti, spora jamur,, dll. serpihan kulit adalah makanan favorite tungau debu.

Cara terbaik membasmi tungau debu adalah dengan langkah-langkah berikut

  1. Meminimalkan penggunaan bahan yang disukai Tungau. Tungau debu paling hobi tinggal di kasur, bantal, dan guling yang berisi kapuk. jika memungkinkan, ganti dengan bahan dakron atau busa. kasur kapuk masih bisa dipakai, asal dibungkus plastik sebelum diberi seprai. Karpet yang menjadi sarang debu nomor satu, sebaiknya tidak digunakan di kamar tidur. untuk lantai, lebih baik pilih yang berbahan ubin, kayu atau vinyl. Boneka dan mainan anak-anak banyak yang terbuat dari kain berbulu. minimalkan jumlahnya. jika ada bobeka berbulu, simpan dalam kotak tertutup. hindari tumpukan buku atau perabotan yang juga mengundang debu.
  2. Kondiksikan suhu dan kelembaban ruang. Tungau debu hidup subur di tempat yang gelap, hangat dan lembab. suhu optinal untuk pertumbuhan tungau debu adalah 255 – 30 derajat celcius pada kelembaban 70 – 80 persen. karenanya usahakan kamar tidur dalam kondisi terang dan kering. Cara termudah adalah dengan mengijinkan udara dan sinar matahari masuk lewat jendela atau lubang ventilasi. pertukaran udara dalam ruang mampu melenyapkan kelembaban, sedangkan sinar matahari memang tidak disukai oleh tungau debu. Alat pengkondisi udara/AC juga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan kelembaban udara di bawah 35%.B bersihkan kamar tidur secara teratur debu yang menjadi sarang tungau harus dibersihkan setiap hari. gunakan lap basah atau vacuum cleaner. jangan menggunakan kemoceng, karena ini membuat debu bertebaran dan debu hanya berpindah tempat.
  3. Gantilah seprei, sarung bantal dan guling, setidaknya sekali seminggu. cuci dengan air panas di atas agar tungau debu mati. gorden sebaiknya dicuci setiap 3 bulan sekali. servis AC setiap 6 bulan sekali untuk menghindari bertumpuknya debu di filter.

_sumber :tabloid rumah

14 Responses to “3 langkah basmi tungau debu”

  1. ih… ga banget deuch

  2. ih baru tau tungau tuh hewan

  3. bagus banget info nya , aku benci banget ama tungau (tinggi bahasa jawanya) anak aku di gigit sampai bernanah, bt banget dg tu hewan, bis nga keliatan sih… thks info ini

    • beda tungau(tengu dlm bhs jawa) dengan tinggi(jawa)/tumbila(sunda) . Tengu atau tungau biasanya menggigit menempel di ketiak, puting susu, atau di kantung biji pelir, berwarna merah dg gatal luar biasa bahkan agak sakit.
      cara mengantisipasinya cukup usap dg minyak tanah ditempat gigitan. dalam sekejap akan mati tungaunya dan berangsur hilang rasa gatalnya.

  4. tenang bro! saya punya usaha untuk mengurangi populasi tungau. tungau tidak bisa dihilangkan tapi dikurangi dengan rajin menyedot ranjang, sofa, karpet dll. hub saya di 02193206988, 081908176688. dgn Anton.

  5. Tungau memang kecil, tapi bahhayya-nya itu ruar biasa. kami memilki solusi dalam menghilangkan tungau dan debu. 100% dari ruangan anda. tungau akan dihisap dan difilter di ruangan berbeda. info lengkapnya, kunjungi: antidebu.wordpress.com. Thanks.

  6. gatel hlo….kalau….di gigit….

  7. Sejenis penyakit yang disebabkan tungau, disebut scabies, termasuk penyakit kulit yang sangat menular lewat kontak dengan kulit atau tidur di ranjang yang sama atau menggunakan handuk yang sama dengan orang yang terinfeksi. Ruam merah gatal pada kulit adalah reaksi alergi terhadap tungau. Berikut ini adalah symptom umum scabies menurut National Library of Medicine, Amerika : Rasa gatal terutama di malam hari Garis sangat tipis seperti goresan pensil Abrasi yang disebabkan garukan dan goresan pada ruam Lepuh-lepuh kecil.

  8. saya sengaja mencari info tentang tungau, karena saya positif alergi tungau yang meyebabkan batuk berkepanjangan. terima kasih atas infonya sekarang saya jadi tau apa itu tungau.

  9. thanks sarannya…
    sepp bgt tuh.

  10. Saya adalah salahsatu korban tungau.Rasanya stress, kulit saya dari tangan dan kaki serta paha hancur (tidak mulus lagi)karena sering di garuk.Biasanya sering pakai celana pendek, sekarang Ga PD lagi, saya trauma, dan minder.biaya yang dikeluarkan pun tdk sedikit, dan saya adlah org yg sangat saniter, tapi akhirnya saya kena juga.Sy sampai kresign dari kantor karena kondisi badan saya tidak kuat AC akibat kulit saya lembab dan gatal.

  11. infonya sangat membantu ‘ tp lebih membantu lagi , langsung turun kemasyarakat untuk menjelaskan bahaya dari hewan ini. pasti banyak dari masyarakat kita yg tidak mengerti tentang hewan ini. dan satu hal lagi , masih banyaknya masyarakat yg masih memakai kasur (kapuk) tempat yg di sukai oleh hewan TUNGAU ini

  12. Tungau slain bsa mnyebabkan allergy kulit,dia Jΰƍª.. Bsa menyebabkan asma,batuk,dll…
    Sya punya saran,awalnya kponakan sya seringkali batuk,dan allergy kulit,tp stlah mmbeli vacuum anti allergy raycop d Ace Hardware,dan rutin mnggunakannya d kasur,bantal,sprai,sofa,karpet,boneka dll ‎​اَلْحَمْدُلِلّهِ allergy nya sudah tȋ̝̊ϑak kambuh lagi.vacuum tsb mnggunakan teknologi 3 fungsi,fibrating, lampu uv-c dan vacuum.
    Demikian info dr saya…semoga bermanfaat.

  13. aku terkena tungau ku di peler rasanya gatal betul . cara untuk mebasmi beli minyak tawon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: